Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Subscribe to Berita Provinsi Kepulauan Bangka Belitung feed
Updated: 21 hours 6 min ago

Rayakan HUT IPI, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Babel Adakan Webinar Pustakawan Masa Lalu, Kini, dan Yang Akan Datang

Tue, 07/07/2020 - 17:56

PANGKALPINANG - Sejumlah pustakawan di lingkungan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyaksikan web seminar berskala internasional yang diselenggarakan oleh Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) dalam rangka HUT IPI ke-47 dan Hari Pustakawan Indonesia tahun 2020, (7/7/2020) Selasa pagi.

UMKM Tidak Hanya Butuh Modal Tetapi Pasar

Tue, 07/07/2020 - 17:39

PANGKALPINANG - Wabah Covid-19 membuat dunia usaha termasuk UMKM semakin terpuruk. Banyak tantangan yang harus dihadapi oleh pelaku UMKM di tengah pemberlakuan berbagai kebijakan dalam memutus rantai penyebaran Covid-19 di masyarakat.

Selain modal, UMKM juga diharapkan mampu melakukan berbagai inovasi dalam menggunakan perangkat digital untuk memperluas pasar. Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Erzaldi saat diwawancara oleh Daniel dari paper.id melalui aplikasi Zoom, Selasa, (7/7/20).

Lada Bukan Sekadar Komoditas Tetapi Identitas Bangka Belitung

Tue, 07/07/2020 - 16:37

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menegaskan bahwa lada, Muntok white pepper bukan hanya menjadi komoditas tetapi juga identitas Bangka Belitung.

Muntok white pepper yang merupakan lada terbaik dan menguasai pasar dunia, pada 20 tahun terakhir ini secara perlahan tersingkir di mata dunia akibat produktivitasnya yang menurun dan berbagai permasalahan yang membuat para petani enggan menanam lada.

Gubernur Erzaldi Lakukan Rapat Terbatas Bersama Dinas Kehutanan Babel

Tue, 07/07/2020 - 15:14

PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman melakukan rapat terbatas dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang berlangsung di Ruang VIP Bandara Depati Amir, Selasa (7/7/20).

Menteri Koperasi dan UKM RI Lirik Potensi Babel Untuk Tingkatkan Ekonomi Daerah

Tue, 07/07/2020 - 12:00

PANGKALPINANG - Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki bersama Gubernur Erzaldi dan Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pagi tadi menikmati kuliner khas Babel di Kafe La Terase, Pangkalpinang, Selasa (7/7/20).

Gubernur Erzaldi mengatakan, kehadiran Menteri Koperasi dan UKM RI ke Babel dalam rangka kunjungan kerja dan melepas ekspor perdana lidi nipah ke Nepal.

Menteri Koperasi dan UKM RI Puji Upaya Gubernur Erzaldi Dorong Semangat UMKM Babel

Tue, 07/07/2020 - 11:53

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mendapat apresiasi dan pujian dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (Koperasi dan UKM RI), Teten Masduki, atas upayanya mendorong para pelaku UMKM untuk tetap semangat, di saat daerah-daerah lain yang dikunjunginya melesu akibat pandemi Covid-19.

Pujian itu disampaikan Menteri Koperasi dan UKM RI, saat mengawali kunjungan kerjanya ke Bangka Belitung, di Galeri Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (6/7/20).

Menteri Koperasi dan UKM RI : Babel Patut Jadi Salah Satu Tujuan Kuliner di Indonesia

Mon, 07/06/2020 - 21:53

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menyiapkan jamuan makan malam saat kedatangan Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 
Jamuan makan malam sekaligus ramah tamah digelar di Restoran Gale-Gale Bangka Tengah, Senin malam (6/7/20) dalam rangka kunjungan kerja Menteri Koperasi dan UKM RI.

Jamuan makan malam ini selain menghormati kehadiran Menteri Teten Masduki, juga bermaksud agar beliau dapat mencicipi kuliner khas Babel yang disajikan. 

Babel Lepas Ekspor Lidi Nipah ke Nepal dan Lada Putih ke Jepang

Mon, 07/06/2020 - 20:48

PANGKALPINANG - Sebanyak 12 ton lidi nipah yang merupakan hasil produksi perajin Kota Kapur, Kabupaten Bangka dan 45 ton lada putih dilepas ekspor oleh Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia (Koperasi dan UKM RI), Teten Masduki bersama Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman.

Pelepasan ini dilakukan Gubernur Erzaldi dan Menteri Teten Masduki di Dermaga Pelabuhan Pangkalbalam, Kota Pangkalpinang, Senin (6/7/20).

Menteri Koperasi dan UKM RI dan Gubernur Erzaldi Lepas Ekspor Perdana Lidi Nipah Babel ke Nepal

Mon, 07/06/2020 - 17:55

PANGKALPINANG - Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki bersama Gubernur Erzaldi melepas ekspor perdana lidi nipah ke Nepal Senin, (6/7/20).

Sebanyak 12 ton lidi nipah asal Kota Kapur dilepas secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM RI bersama Gubernur Erzaldi Rosman di Pelabuhan Pangkal Balam.

Selain pelepasan ekspor lidi nipah, juga dilakukan pelepasan ekspor 45 ton lada putih ke Jepang.

Dalam sambutannya, Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki mengapresiasi Pemprov. Babel sebagai pelopor ekspor komoditi lidi nipah. 

UMKM Hadapi Tantangan Besar di Masa Pandemi Covid-19

Mon, 07/06/2020 - 17:36

BALUNIJUK – Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi UMKM, pandemi Covid-19 membuat UMKM di Indonesia menghadapi berbagai tantangan. Tantangan yang dihadapi ini berbeda pada saat era reformasi tahun 1998, di tengah-tengah keterpurukan ekonomi Indonesia, UMKM akhirnya mampu menjadi pahlawan ekonomi nasional.

Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia Kunjungi Babel

Mon, 07/06/2020 - 13:26

PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman menyambut kedatangan Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki dalam kunjungan kerjanya ke Kepulauan Babel di Bandara Depati Amir, Senin (6/7/20).

Setelah tiba di Bandara Depati Amir, Gubernur Erzaldi dan Kapolda Anang Syarif bersama menteri dan rombongan melakukan perbincangan singkat di ruang vip bandara sembari menikmati makanan khas Bangka serta melepas lelah dikarenakan perjalanan dari Jakarta ke Babel.

Perjanjian Kerja Sama Pemprov. Babel dan PT Agrinas Untuk Meningkatan Ketahanan Pangan

Fri, 07/03/2020 - 19:00

JAKARTA - Tindak lanjut MoU antara PT Agro Insdustri Nasional (PT Agrinas) dengan Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terkait rencana kegiatan usaha pertanian berkelanjutan, Jumat (3/7/20) pagi, Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan perjanjian kerja sama dengan PT Agrinas di Jalan Suryo Senyata Senopati, Jakarta Selatan.

Pemprov. Babel Harap Hari UMKM Internasional Jadi Momentum Kebangkitan UMKM

Fri, 07/03/2020 - 12:58

PANGKALPINANG - Dalam rangka memperingati Hari UMKM Internasional 2020, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengadakan webinar dengan tema UMKM Kreatif dan Inovatif di Era New Normal Pandemic Covid-19 via aplikasi zoom, Jumat pagi (3/7/20).

Terima Kunjungan DPRD Kabupaten Bangka Selatan, Basel Punya Potensi Besar

Thu, 07/02/2020 - 20:51

PANGKALPINANG - Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fery Insani menilai, Kabupaten Bangka Selatan memiliki potensi yang besar, baik itu dari sumber daya alam dan sumber daya manusia. 

Menurutnya, pada saat bertemu dengan Anggota Komisi III, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bangka Selatan, KISS (Kawasan Industri Sadai dan Sekitarnya), dapat menjadi salah satu pemantik, agar Bangka Selatan dapat berlari cepat.

Rumah Sakit Jiwa Daerah dan PMI Babel Peringati Hari Donor Darah Sedunia

Thu, 07/02/2020 - 20:18

SUNGAILIAT - UPTD RSJD Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) bekerja sama dengan PMI Kepulauan Bangka Belitung melakukan kegiatan donor darah dalam rangka hari donor darah sedunia, Kamis (2/7/20), di RSJD Dinkes Babel.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kegiatan donor darah yang berlangsung dilakukan sesuai dengan standar protokol Covid-19. 

Tiga Arahan Sekda Babel Terkait Pembahasan Usulan Revisi Pemanfaatan Kawasan Hutan

Thu, 07/02/2020 - 13:45

PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Naziarto berharap bahwa usulan-usulan revisi izin pemanfaatan kawasan hutan jangan hanya sekadar mengusulkan, tetapi harus melihat sejauh mana manfaat dari usulan tersebut untuk kepentingan masyarakat di daerah maupun untuk menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di daerah masing-masing.

Kunjungi Tins Gallery, Gubernur Erzaldi serahkan Alat-Alat Tradisional Babel

Thu, 07/02/2020 - 13:41

PANGKALPINANG - Bubuh, alat tradisional untuk menangkap ikan yang terbuat dari batang resam asli Bangka Belitung beserta tali banetnya, serta alat tradisonal lain seperti kruntung sebagai tempat hasil ikan, pengki untuk mengangkut tanah, suyak tempat hasil petikan lada, dan sibokpa alat untuk membersihkan kuali, menjadi tambahan koleksi "Tins Gallery".

Alat-alat tradisional Bangka Belitung tersebut diserahkan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman kepada Direktur Utama PT Timah Tbk untuk menambah koleksi barang yang dipajang di Tins Gallery.

Gubernur Erzaldi Lakukan Silaturahmi Kepada Ulama Usman Fathan

Thu, 07/02/2020 - 13:39

PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman melakukan silaturahmi ke rumah seorang ulama mantan MUI, sekaligus tokoh agama Islam, Usman Fathan yang berada di Bukit Tani, Pangkalpinang, Kamis (2/7/20).

Gubernur Erzaldi mengatakan, tujuannya berkunjung ke rumah Ulama Usman Fathan merupakan ajang silaturahmi dirinya kepada para ulama, apalagi saat ini usia Ulama Usman Fathan sudah mencapai 94 tahun.

Pemprov. Babel Siap Lakukan Pemulihan Ekonomi Melalui Pariwisata

Thu, 07/02/2020 - 09:34

PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berupaya untuk segera melakukan pemulihan ekonomi. Disampaikan oleh Gubernur Erzaldi, dengan tagline tata kelola new normal menuju pariwisata Bangka Belitung yang lebih baik, menjadikan pariwisata sebagai salah satu ujung tombak roda ekonomi Babel.

“Pariwisata adalah ujung tombak kita, bukan berarti yang lain-lain bukan ujung tombak. Tetapi pariwisata ini lah yang akan memberikan dampak sangat luas (multiplier effect),” ungkapnya.

Babel Miliki Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tertinggi Secara Nasional

Thu, 07/02/2020 - 05:55


PANGKALPINANG - Pemprov. Babel merupakan provinsi yang memiliki tingkat kesembuhan dari infeksi virus Corona di atas 80%. Seperti yang disampaikan oleh juru bicara pemerintah untuk penangangan Covid-19, Achmad Yurianto, Pemprov. Babel merupakan yang tertinggi di Indonesia yaitu 86,8%, diikuti oleh DIY 85,3%, kemudian Sulawesi Selatan 82,3%.

Dari laporan harian Covid-19 pada Selasa, (30-6-20), hingga hari ini ada 152 kasus Covid-19 di Bangka Belitung. Yang sudah sembuh ada 133 orang dengan kasus meninggal ada dua orang.

Pages