Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenko PMK RI Kunjungi Diskepora Babel

PANGKALPINANG-Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, Dr. Yohan, M.Si., berkunjung ke Diskepora Babel, sebagai bentuk kunjungan kerja dalam rangka monitoring dan evaluasi kewirausahaan pemuda di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (29/09/2020).

Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat Diskepora Babel, GOR Sahabudin Pangkalpinang.

Asisten Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenko PMK RI, Yohan dalam paparannya mengatakan, Ada tiga tujuan monev dalam pengendalian pelaksanaan kebijakan kewirausahaan pemuda saat ini.

 “Ada tiga tujuan monev ini, pertama yakni mendapatkan informasi perkembangan pelaksanaan kebijakan, kewirausahaan pemuda, kedua mendiskusikan kendala dan permasalahan dan ketiga mendiskusikan upaya penyelesaian kendala dan permasalahan pelaksanaan kebijakan kewirausahaan pemuda di Babel ini,” jelas Yohan.

Tugas Kemenko PMK jelas Yohan adalah menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan kementerian dalam penyelenggaraan pemerintahan di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan serta memberikan dukungan inisiatif dan pengendalian kebijakan berdasarkan agenda pembangunan nasional.

‘’Untuk menyelenggarakan koordinasi, sinkronisasi dan pengendalian adalah urusan kementrian dalam menyelenggarakan pemerintahan dalam segala bentuk pembangunan manusia dan kebudayaan’’ jelas Yohan.

Yohan menambahkan, strategi nasional dalam kewirausahaan pemuda terdapat beberapa hal yang harus diusung, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus saling koordinasi dalam mengembangkan kebijakan.

‘’Ada dua strategi yang diusung dalam strategi nasional kewirausahaan pemuda, pertama menguatkan individu pengusaha, kedua menciptakan ekosistem kewirausahaan yang kondusif, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus saling koordinasi dan sinkronisasi dalam mengambil kebijakan dan pelaksanaan strategi nasional.’’ Jelas Yohan.

Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga yang diwakili Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda, Ferdiyan Hermawan Loebis usai menutup kegiatan dialog monev mengatakan, dialog monev ini sangat bermanfaat terutama bagi perkembangan pemuda di Babel.

“Banyak sekali hasil dan manfaat yang kita peroleh dari pertemuan pada hari ii, dan selanjutnya kami akan melakukan koordinasi antar OPD demi kesuksesan pemuda Babel di masa mendatang,” jelas Ferdiyan.

Kegiatan dialog monev ini dihadiri Kepala Bappeda Babel, Feri Insani, perwakilan dari Disperindag, Dinas Koperasi UMKM dan perwakilan dari PLUT Babel, Soib Mansur. (Reza)

 

 

 

 

 

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Bidang Informasi: 
DISKEPORA