Babel Paparkan Kesiapan Tuan Rumah POPNAS 2021

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) memaparkan kesiapan dan langkah-langkah dalam menyukseskan Pekan Olahraga Pelajar se Indonesia itu.

Presentasi Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Babel, Suharto diwakili Kabid Sarana dan Prasarana Diskepora Babel, Harun tersebut, disampaikan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (POPWIL) dan Persiapan POPNAS ke XVI tahun 2021, yang digelar Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (kemenpora RI) di Hotel Pullman Jakarta, Jumat (28/8/2020). 

Harun mengatakan, Babel sebagai tuan rumah sudah melakukan sejumlah persiapan, salah satunya venue enam cabang olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan di Babel.

“Babel sebagai tuan rumah sudah siap dengan mengambil langkah-langkah dalam menyukseskan pelaksaan POPNAS tahun 2021. Persiapan sudah dilakukan seperti venue pertandingan, yang akan menggelar sebanyak enam cabor,” ungkap Harun.

Enam cabor itu, nantinya akan dipertandingkan di Pulau Bangka dan Pulau Belitung. “Cabor yang dipertandingkan nantinya akan kita laksanakan di dua daerah, yaitu di Bangka ada Tinju, Judo, Karate, Voly Pasir dan Panjat Dinding, sedangkan Panahan akan digelar di Belitung. Untuk Voli Pasir tidak menutup kemungkinan nantinya akan digelar di Belitung,” jelas Harun.

Selain itu, Harun juga memaparkan kesiapan akomodasi atlet dan official, akomodasi panitia, TD, wasit serta juri nasional.

Asisten Deputi Pembinaan Kemenpora, Washington usai mendengar paparan, mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti. "Kami akan menindaklanjuti segala kesiapan Babel sebagai tuan rumah, termasuk meninjau kesiapan venue cabang olahraga yang akan dipertandikan nantinya,” ujar Washington.

Rakor yang dibuka langsung oleh Asisten Deputi Pembinaan Kemenpora, Washington dan dihadiri perwakilan Dispora seluruh Indonesia itu, menghasilkan kesepakatan pelaksanaan POPNAS XVI pada tanggal 23 Agustus sampai 5 September 2021. 

Kemenpora juga akan segera mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan tuan rumah bersama. 

Untuk nomor perlombaan dan dukungan lainnya akan dibahas pada saat Rakornas Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) tahun 2020 yang akan datang.

Perlu diketahui, sebelumnya pada tanggal 29 Juli 2020 telah dilaksanakan pertemuan antara Gubernur Babel dengan Gubernur Sumatera Selatan, yang menghasilkan kesepakatan untuk menjadi tuan rumah bersama penyelenggaraan POPNAS.(reza).

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Bidang Informasi: 
DISKEPORA