Bahas Persiapan POPDA 2020, Diskepora akan Panggil Pengprov dan Pelatih

PANGKALPINANG - Guna membahas persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) yang akan digelar di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, pada tanggal 19-25 Oktober 2020 mendatang, Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora)  Babel, akan memanggil sebanyak  delapan  Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga yang akan dipertandingkan.

Kepala Diskepora Babel, Suharto mengatakan, sebanyak delapan Pengprov Cabor yang dipanggil itu, dapat menjelaskan sejauhmana persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi POPDA pada bulan depan nanti.

“Kami akan bertanya kepada semua Pengprov Cabor untuk persiapan POPDA nanti,” tegas Suharto, di ruang kerjanya, Rabu (30/09/2020).

Pemanggilan Pengprov Cabor rencananya akan dilaksanakan pada Jumat (2/10/2020), bertempat di GOR Sahabudin Pangkalpinang. Selain terkait persiapan, Diskepora juga akan memanggil seluruh pelatih atlet yang akan berlaga.

“Selain terkait persiapan, para pelatih atlet akan kita beri semangat dan selalu untuk bertanggung jawab. Saya tidak ingin POPDA ini, tak sesuai harapan kita bersama” kata Suharto.

Menurut Suharto, POPDA ini, merupakan seleksi atlet untuk menuju POPNAS Tahun 2021, dan Pekan Olahraga Nasional (PON). “POPDA ini, bertujuan menyaring atlet untuk dapat lolos ke POPNAS dan PON,” imbuhnya.

Suharto menambahkan, anggaran pelaksanaan POPDA di Bangka Selatan dibebankan dari APBD Provinsi Babel dan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan.

Berkenaan dengan hal tersebut, diharapkan Suharto, para atlet dapat bertanding dengan serius. “Untuk para atlet, jangan sampai bertanding biasa-biasa saja, saya ingin yang luar biasa, kita mau Babel maju dalam bidang olahraga,” harap Suharto.

POPDA, masih dikatakan Kepala Diskepora Babel,  bukan untuk ajang latihan, tapi ajang ekspresi diri pelajar untuk meraih prestasi olahraga di tingkat Babel sampai nasional. “Paradigma sekarang kan menganggap Popda ini ajang latihan saja. Kami ingin merubah paradigma itu,” tandasnya.

Kabid Pembudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga, Panji Utama menambahkan, dalam masa pandemi ini, pelaksanaan POPDA tahun 2020 sudah mendapat persetujuan dari Satuan Tugas (Satgas) Covid -19 Kabupaten Bangka Selatan.

“Pelaksanaan POPDA ini, sudah mendapat persetujuan Satgas Covid -19, dan tetap selalu mengutamakan protokol kesehatan,’’ ungkap Panji.(rel/reza)

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Bidang Informasi: 
DISKEPORA