Beradu Ngidup Api Likur, Pangkalpinang Juarai FOT Se-Babel

BELITUNG TIMUR - Olahraga tradisional beradu ngidup api obor/api Likur, Penampilan dari Kontingen kota Pangkalpinang berhasil meraih juara pertama pada festival olahraga tradisional (FOT) tingkat Provinsi kepulauan Bangka Belitung, dengan skor nilai 608.

Pangkalpinang akan mewakili Babel mengikuti FOT tingkat Nasional pada bulan Agustus 2020 mendatang, di Belitung timur. dan berhak membawa pulang hadiah trofi dan uang pembinaan senilai 14 juta rupiah.

Diposisi juara kedua, diraih kontingen kabupaten Bangka tengah setelah menampilkan permainan olahraga tradisional tekerak ayam, dengan nilai 589.

Sementara tuan rumah, kabupaten Belitung timur harus puas menempati posisi juara ketiga dengan nilai 587, setelah menampilkan permainan tradisional Pancak calong. Untuk juara favorit berhasil direbut kontingen dari kabupaten Bangka, dengan skor nilai 583.

Wakil Bupati Belitung timur, Burhanudin, menutup secara resmi festival olahraga tradisional (FOT), sekaligus melakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang FOT, selasa (10/03/2020) di lapangan sepakbola mini kawasan sport center desa damar Kabupaten Belitung timur.

"disini kita bukan sekedar tampil dan ephoria pesta pora, tetapi berusaha bagaimana FOT ini betul-betul mengakar sampai bawah dan menjadi tradisi yang terus kita wariskan kepada generasi kita di era milenial ini", jelas Wabup Beltim Burhanudin, saat menyampaikan sambutan menutup secara resmi FOT, selasa (10/03/2020) di lapangan sepakbola mini kawasan sport center desa damar Kabupaten Belitung timur.

Wabup Burhanudin, mengapresiasi atas kesuksesan penyelenggaraan FOT tingkat provinsi Babel serta akan dijadikannya Belitung timur sebagai tuan rumah FOT tingkat nasional, di bulan Agustus 2020 mendatang.

"Jadi intinya, mari jaga dan lestarikan budaya kita. setelah kembali ke daerah masing-masing terus semangat mengembangkan Olahraga Tradisional. semoga FOT nasional nanti bisa sukses dan Babel bisa kembali memegang prestasi yang terbaik", himbaunya.

Sebelumnya, para kontingen tujuh kabupaten/kota se-Bangka Belitung, saling menampilkan tradisi permainan olahraga tradisional yang menjadi ciri khas budaya daerah setempat, yang dimainkan oleh setiap Kontingen dari perwakilan kabupaten/kota se-Bangka belitung.

Kontingen Bangka tengah menampilkan olahraga tradisional tekerak ayam, kemudian penampilan dari kontingen kabupaten Belitung menampilkan olahraga tradisional Ragak kelapa. Kontingen Bangka barat menampilkan olahraga tradisional Susun batu. Kemudian, penampilan kontingen Bangka Selatan dengan menampilkan olahraga tradisional main Tajik.

Kota Pangkalpinang menampilkan olahraga tradisional beradu ngidup obor/api Likur. Kontingen Kabupaten Bangka menampilkan permainan olahraga tradisional tok sahang. Penampilan terakhir dari kontingen tuan rumah Belitung timur, yang menampilkan permainan olahraga tradisional pancak calong.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA