Diskepora Babel Akan Gelar Rapat Penentuan POPDA 2020

PANGKALPINANG-Pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) 2020 tingkat Provinsi yang akan digelar di Toboali, Kabupaten Bangka Selatan dipastikan mundur dari tanggal pelaksanaan seharusnya.

Ajang olahraga bagi para pelajar tersebut seharusnya digelar pada 19-25 Oktober 2020, namun dengan berbagai pertimbangan Popda tingkat provinsi batal digelar pada tanggal tersebut.

Namun Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Bangka Belitung, Suharto memastikan ajang Popda tingkat Provinsi tetap akan digelar dalam waktu dekat.

"Hasil rapat Popda pada hari Senin di Toboali yang dipimpin oleh Sekda Basel telah dilaporkan kepada Bupati dan Bupati setuju Popda diadakan. Namun diambil yang sederhana mungkin tidak mengurangi makna prestasi, pembukaan atau welcome diner pasti tidak diadakan. Nantinya, hanya dibuka tiap cabang olahraga (cabor) yang akan bertanding," ujar Suharto, Rabu (14/10/2020).

Dengan Kabupaten Bangka Selatan sebagai tuan rumah, Diskepora pun mengusulkan pelaksanaan Popda tingkat Provinsi digelar pada 9-14 November 2020.

"Ini belum fix nanti kita akan gelar rapat lagi tanggal 19 Oktober di GOR Sahabuddin, dengan Pemkab Bangka Selatan, tujuh Dispora Kabupaten/Kota dan delapan Technical Delegate (TD) dari setiap cabor. Jadi belum ada kesepakatan, karena masih menunggu keputusan dari satgas Covid juga." jelasnya.

Selain itu mengenai persiapan, Suharto mengungkapkan, Popda tingkat provinsi sudah siap digelar guna sebagai ajang persiapan Popnas 2021.

"Nggak masalah, Bangka Selatan intinya siap, tidak ada yang negatif dari mundurnya ini. Ini kan diundur sambil menungu kepastian Satgas covid. Positifnnya ketika Popda dilaksanakan otomatis akan menjaring atlet yang berprestasi yang nantinya atlet itulah yang akan mewakili untuk Popnas 2021," ungkapnya.

Sementara itu untuk cabor yang akan diikutsertakan dalam Popda tingkat Provinsi guna mengikuti Popnas 2021 terdiri dari beberapa cabor seperti sepak bola, voli, basket, pencak silat, bulutangkis, sepak takraw, tenis meja dan tenis lapangan.

Untuk Popnas 2021 Bangka Belitung dan Sumatera Selatan, akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan ajang olahraga bagi para pelajar tingkat nasional.

Enam cabor yang akan diselenggarakan di Bangka Belitung yaitu, voli pasir, karate, judo, panahan, panjat tebing dan tinju.(reza)

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Bidang Informasi: 
DISKEPORA