Diskepora Gelar Rakor Bersama 8 Pengprov Cabor POPDA 2020

PANGKALPINANG-Jelang bergulirnya Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) tingkat provinsi Bangka Belitung 2020, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Babel, Suharto menggelar pertemuan dengan para pengurus Provinsi (Pengprov) dari masing-masing cabang olahraga (Cabor).

Dalam pertemuan yang digelar di GOR Sahabuddin tersebut membahas berbagai perihal, persiapan Popda yang akan digelar pada 19-25 Oktober 2020 di Kabupaten Bangka Selatan.

Fokus mengenai protokol kesehatan, menjadi perhatian khusus bagi Kadiskepora Babel guna memberikan rasa aman ditengah pandemi Covid-19.

"Sudah disepakati oleh para atlet atau daerah kabupaten/kota, kalau pelatih dan atletnya harus dilakukan rapid rest. Apabila nanti kalau ada atlet, pelatih atau manegernya ada yang positif ya harus dikeluarkan dahulu," ujar Suharto, Jum'at (02/10/2020).

Namun selain masalah kesehatan, ketiadaan Popwil akibat mundurnya tuan rumah Sumatera Barat akibat pandemi Covid-19 juga membuat Popda akan dijadikan sebagai ajang seleksi untuk Popnas 2021.

"Dalam rangka Popda ini juga sekaligus menyeleksi pemain untuk Popnas, makanya saya meminta dari delapan cabor ini harus bisa memilih pemain. Jadi bukan berarti tim yang menang itu yang mewakili, tapi nanti akan dipilih di seleksi pemain-pemain terbaik untuk jadi pemain Popnas. Kalau ini bisa terlaksana dengan baik, saya yakin kita bisa berbicara banyak di ajang Popnas nanti," terangnya.

Lebih lanjut mengenai fasilitas atau lokasi pertandingan, Suharto mengungkapkan sudah melakukan berbagai koordinasi guna merampungkan kekurangan menjelang Popda 2020.

"Intinya Kabupaten Bangka selatan siap dan hal yang yang menyakut kekurangan seperti sepak takraw karena karpenya sudah jelek, sudah tidak masalah karena sudah kita pinjamkan yang baru dari Kemenpora yang dibangun di Kabupaten Bangka Tengah," ungkapnya.

Sementara itu untuk cabang olahraga yang akan diikutsertakan dalam POPDA 2020 terdiri dari beberapa cabang olahraga seperti sepak bola, voli, basket, pencak silat, bulutangkis, sepak takraw, tenis meja dan tenis lapangan.

Untuk Popnas 2021 Bangka Belitung dan Sumatera Selatan, akan menjadi tuan rumah dalam perhelatan ajang bagi para pelajar tersebut.

Enam cabor yang akan diselenggarakan di Bangka Belitung yaitu, voli pasir, Karate, Judo, Panahan, Panjat tebing dan tinju.

Sedangkan untuk di Sumatera Selatan yaitu renang, atletik, angkat besi, bulu tangkis, pencak silat, bola voli, bola basket, sepak bola, sepak takraw, tenis, tenis meja, senam, taekwondo, gulat, dayung, wushu, kempo, dan anggar.(reza)

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Diskepora
Bidang Informasi: 
DISKEPORA