Diskepora Mantapkan Persiapan POPDA 2020, Setiap Pertandingan Tanpa Penonton

PANGKALPINANG – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) lanjutan persiapan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) tahun 2020 di GOR Sahabudin Pangkalpinang.

Agenda Rakor Senin (19/10/2020) tersebut, guna memantapkan persiapan dan rencana waktu pelaksanaan pergelaran POPDA yang akan dilaksanakan di Toboali Kabupaten Bangka Selatan tahun ini, yang sebelumnya sempat tertunda.

Rakor yang diikuti seluruh Technical Delegate (TD) cabor dan seluruh perwakilan Dispora 7 Kabupaten/Kota se-Babel itu, dibuka Kabid Pembudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Diskepora Babel, Panji Utama didampingi Kabid Sarana dan Prasarana, Harun.

Panji mengatakan, Rakor ini, dilaksanakan guna menentukan waktu pelaksanaannya. ”Rakor ini, sudah kami agendakan untuk menyepakati bersama tanggal pelaksanaan POPDA tahun 2020 di Bangka Selatan yang beberapa waktu lalu sempat ditunda dikarenakan ada beberapa hal terkait kondisi Covid di Babel. Jadi, keputusan harus diambil pada rapat hari ini,” ujar Panji.

Dalam waktu yang sama Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparkepora) Bangka Selatan, Jusvinar menyampaikan hasil rapat sebelumnya dengan Bupati Bangka Selatan bersama tim gugus tugas penanganan Covid Bangka Selatan terkait pelaksanaan POPDA tahun ini, untuk ditunda pelaksanaannya, dikarenakan Kabupaten Bangka Selatan harus mengevaluasi terkait dengan perkembangan kasus Covid 19 saat ini.

”Dari hasil rapat kemarin, untuk pelaksanaan POPDA tahun ini, diundur pelaksanaannya dikarenakan kami harus mengevaluasi kembali. Jangan sampai ada Cluster baru, sehingga menyebabkan penyebaran Covid semakin meluas. Kami harus menjaga itu terjadi, ada beberapa cabor akan dilaksanakan dilingkungan Sport Center Basel, yaitu terdiri dari tujuh cabor dan satu cabor akan digelar diluar,” jelas Jusvinar.

Namun, katanya, POPDA harus tetap dilaksanakan, karena ini, adalah ajang seleksi atlet pelajar untuk POPNAS tahun 2021, dimana Babel akan menjadi tuan rumah bersama dengan Sumsel. Selama pelaksanaan POPDA nanti, akan tetap mengacu pada protokol kesehatan dan setiap pertandingan tanpa penonton.

”POPDA harus tetap dilaksanakan, karena POPDA ini adalah ajang seleksi menuju POPNAS tahun 2021, dimana kita (Babel) sebagai tuan rumah. Untuk POPDA nantinya tidak ada penonton, kami tuan rumah pun tidak memberi izin penonton lokal untuk datang guna mencegah penyebaran covid 19,” tegasnya.

Selain itu, Jusvinar mengatakan, sesuai kesepakatan dengan Bupati, pelaksanaan POPDA akan digelar pada tanggal 2-8 November 2020, dan tidak ada devile dan acara pembukaan. ”Sesuai  dengan kesepakatan dengan Bupati, jadi pelaksanaan POPDA jangan sampai diundur terlalu lama. Awal bulan November Insya Allah akan dilaksanakan, karena Basel juga akan menggelar Pilkada pada bulan Desember. Terkait rapid test nantinya kami akan melakukan itu pada h-3,” imbuh Jusvinar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bangka, Rozali menyambut dengan baik pelaksanaan POPDA tetap dilaksanakan yang semula diundur dikarenakan kondisi pandemi covid 19.

”Kami menyambut baik dan setuju Popda dilaksanakan pada tanggal 2-8 November. Kami akan tetap mengikuti aturan yang telah ditetapkan dari pihak Provinsi dan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, untuk tidak ada penoton pun kami bisa memakluminya,” ungkap Rozali.(rel/reza).

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Diskepora
Bidang Informasi: 
DISKEPORA