Festival Olahraga Tradisional Se-Bangka Belitung Resmi Di Buka

BELITUNG TIMUR - Gubernur Provinsi kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman dalam hal ini diwakili oleh Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah, membuka secara resmi Festival Olahraga Tradisional (FOT) tingkat Provinsi Babel Tahun 2020, ditandai dengan pemukulan gong.

Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah, berharap, agar generasi muda untuk selalu menjaga marwah seni budaya olahraga tradisional yang merupakan warisan nenek moyang bangsa, jelas wagub Abdul Fatah, saat membuka secara resmi FOT sekaligus welcome party bersama peserta FOT, senin (09/03/2020) malam, di GSG Manggar Pemkab Belitung timur.

Wagub Abdul Fatah, merasa senang dan bangga berada ditengah generasi muda pewaris seni budaya bangsa, pasalnya, generasi muda adalah generasi penerus yang akan menjaga, memelihara serta mewarisi dan meneruskan warisan seni dan budaya dengan cara melalui FOT.

"Pewaris yang bijak adalah pewaris yang bisa menjaga dan memelihara warisan tersebut secara bijak, siapakah orang itu, orang itu adalah saudara" semuanya generasi muda babel", terangnya.

Dikatakan wagub, warisan budaya harus dijaga dan dilestarikan secara terus menerus, oleh sebab itu, katanya, tunjukkan segala kemampuan dan kelebihan budaya yang dimiliki setiap daerah masing-masing.

"untuk itu, kepada seluruh peserta FOT, tunjukkanlah, lakukan secara serius dan benar, sehingga itu nantinya akan menjadi kebanggaan bagi saudara dan berhasil menjadi juara", harapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Belitung timur, Burhanudin, menyampaikan terima kasih atas penyelenggaraan FOT dan telah dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan FOT.

"Selamat datang kepada seluruh kontingen di belitung timur negeri 1001 warung kopi, selaku tuan rumah kami berkomitmen akan memberikan yang terbaik bagi kontingen seluruh peserta FOT", katanya.

Ditambahkannya, pemkab Belitung timur ingin terus melestarikan kesenian olahraga tradisional yang ada di bumi serumpun sebalai. Menurutnya, Generasi muda saat ini kurang berminat untuk belajar bermain olahraga tradisional, pasalnya, para pelajar serta generasi muda saat ini terlalu sibuk dengan kegiataan permainan game yang ada di handphone (HP).

"Kami berharap dengan adanya FOT dapat memberikan dampak positif bagi generasi muda dan seluruh masyarakat babel", harapnya.

Sementara itu, Mathur Novriansyah, Kadiskepora Beltim yang juga selaku Ketua panitia pelaksana, mengatakan, seluruh peserta atlet akan diberikan piagam penghargaan.

FOT tingkat provinsi Babel diikuti FOT diikuti kontingen tujuh kabupaten/kota Se-Babel, dengan jumlah peserta, atlet dan official sekitar 150 peserta, yang terdiri dari kontingen pangkalpinang 25 orang, kabupaten Bangka 25 orang , Bangka selatan 22 orang, Belitung 23 , Bateng 21 orang , babar 14 orang, kontingen Beltim 20 orang.

"Juara favorit akan mendapat trofi. Dan yang berhasil meraih juara satu berhak mewakili Babel mengikuti FOT tingkat nasional pada bulan Agustus 2020 mendatang", jelasnya.

Kepala dinas kepemudaan dan olahraga provinsi kepulauan Bangka Belitung, Suharto, mengatakan, pada bulan Agustus 2020 mendatang, kabupaten Belitung timur akan dikunjungi ribuan atlet olahraga tradisional, sebab, Beltim dipercaya menjadi tuan rumah festival olahraga tradisional (FOT) tingkat nasional.

"Saya berkeyakinan dengan adanya berbagai event nasional maka Babel akan terdongkrak sport tourism nya", katanya.

Tampak hadir saat acara pembukaan FOT, Wakil Gubernur Provinsi Bangka Belitung Abdul Fatah, Wakil bupati kabupaten Beltim, Burhanudin. Fezzi Uktolseja Ketua DPRD Beltim, Kadiskepora Babel Suharto, Tanwin ketua harian komite permainan olahraga tradisional Indonesia (KPOTI) Babel beserta jajaran. Mathur Novriansyah, Kadiskepora Beltim, Soebagio Kadispora Belitung, Peserta FOT se-babel, serta para tamu undangan.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA