FOT Se-Babel Siap Digelar, Kadiskepora Suharto : Mari Jaga Budaya Kearifan Lokal

PANGKALPINANG- Kesenian permainan olahraga tradisional menjadi salah satu warisan kesenian olahraga budaya masyarakat yang harus terus dijaga dan dilestarikan, sehingga tidak punah.

Kepala dinas kepemudaan dan olahraga Bangka Belitung, Suharto, berharap, dengan adanya FOT se-Bangka belitung dapat dijadikan sebagai momentum dalam menggali dan menjaga khasanah kesenian budaya kearifan lokal di Babel.

"pembinaan harus dilakukan secara rutin, sehingga jangan sampai kearifan lokal ini tertindas oleh perkembangan teknologi. mari jaga dan lestarikan warisan budaya daerah kita", harapnya, jumat (06/03/2020) di kantor Diskepora Babel.

Festival olahraga tradisional (FOT) tingkat Provinsi kepulauan Bangka Belitung, akan dilaksanakan mulai tanggal 08 - 11 Maret 2020 di lapangan sepakbola mini kawasan sport center desa damar Kabupaten Belitung timur.

Festival olahraga tradisional (FOT) merupakan agenda rutin dua tahun sekali yang merupakan program dari kementerian pemuda dan olahraga Republik Indonesia (Kemenpora RI). yang dapat menjadi sarana untuk menggali dan melestarikan warisan budaya dan kearifan lokal yang ada di masing-masing Pemerintah provinsi di Indonesia.

Tak hanya itu, dengan adanya FOT, menurut Kadiskepora Suharto, momentum ini sangat tepat sekali sebagai ajang promosi wisata Babel yang di harapkan akan mendongkrak perekonomian UMKM dan masyarakat, selain itu, tentunya akan berdampak terhadap peningkatan sport tourism Bangka belitung.

"dengan adanya kejuaraan FOT otomatis akan banyak olahragawan nasional yang berkunjung, insya allah akan terdorong duta-duta dari luar untuk datang ke Babel", jelasnya.

Festival olahraga tradisional (FOT)
tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sekaligus sebagai ajang seleksi menuju Festival olahraga tradisional (FOT) tingkat nasional. bulan agustus 2020 mendatang, Provinsi Bangka Belitung dipercaya menjadi tuan rumah Festival olahraga tradisional (FOT) tingkat nasional, yang akan di laksanakan di kabupaten Belitung timur. Yang akan diikuti peserta dari seluruh provinsi seindonesia.

"Untuk itu kmi mengharapkan kiranya lomba ini di jadikan momentum untuk memilih yg terbaik, tidak hanya berhenti disini saja. Untuk itu bermainlah secara fokus, serius dan jaga sportivitas", ujarnya.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA