Gubernur Erzaldi Pimpin Rakor Persiapan POPNAS XVI

PANGKALPINANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ingin Babel sukses menjadi tuan rumah berbagai perhelatan tingkat nasional, satu diantaranya Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) tahun 2021. Untuk hal itulah, Gubernur Babel Erzaldi Rosman, memimpin secara langsung rapat koordinasi (Rakor) lanjutan persiapan POPNAS ke XVI tersebut.

Rakor berlangsung di Ruang Rapat Gubernur Babel, Lantai II Kantor Gubernur, Air Itam, Pangkalpinang, Selasa (8/9/2020), turut dihadiri Wakil Gubernur Abdul Fatah, Kadiskepora Babel Suharto, Kepala Bappeda Babel Feri Insani, Kepala Bakuda Babel Fery Afriyanto, Kasat Pol PP Babel Yamoa, dan utusan instansi terkait lainnya.

Gubernur Erzaldi dalam arahannya berharap, pelaksanaan POPNAS dapat berjalan dengan lancar dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Perangkat daerah yang terlibat hendaknya mempersiapkan secara benar terkait dengan anggaran yang telah disiapkan, agar tidak terjadi permasalahan dikemudian hari.

Keinginan Pemprov Babel untuk menjadi tuan rumah POPNAS, dijelaskan Gubernur, tentunya dengan pertimbangan banyak hal, salah satunya untuk mempromosikan potensi wisata. Dengan begitu, dapat meningkatkan wisatawan yang akan datang ke Babel.

‘’Kita sebagai tuan rumah harus mempersipkan dengan matang. Mereka yang datang ke daerah kita, bisa menginap di hotel-hotel, berbelanja. Secara otomatis produk UMKM kita terjual. Ini adalah salah satu tujuan kita dalam meningkatkan sektor ekonomi masyarakat di era pandemi Covid-19,” ujar Erzaldi.

Dikesempatan terpisah, Suharto selaku Kepala Diskepora Babel mengatakan, POPNAS yang akan digelar tahun 2021 merupakan sejarah bagi bangsa Indonesia, karena pergelarannya di dua daerah, yaitu Sumatera Selatan (Sumsel) dan Babel.

‘’Ini merupakan sejarah, tuan rumah POPNAS diadakan di dua daerah, yang awalnya tuan rumah Sumsel tapi kita mengajukan sebagai tuan rumah juga, Alhamdulillah disetujui oleh pusat,” kata Suharto.

Berkenaan dengan hal itu, ditambahkan Suharto, Babel sebagai tuan rumah akan menggelar enam cabang olahraga, yaitu Karate, Judo, Panahan, Volly Pasir, Tinju dan Panjat Dinding. Pemprov Babel sendiri, ditegaskannya, sudah siap untuk melaksanakan cabor yang akan dipertandingkan tersebut.

‘’Kita akan menggelar enam cabor. Alhamdulillah dengan dukungan penuh Gubernur, serta OPD terkait lainnya segala permasalahan dapat teratasi. Intinya Babel sudah siap untuk menjadi tuan rumah,” imbuhnya.

Terkait Training Camp (TC) untuk atlet yang akan berlaga, Gubernur Erzaldi menyarankan agar dilakukan minimal enam bulan, dengan menggunakan fasilitas Pemprov yang ada maka akan lebih memudahkan dari segi anggaran.

Dalam Rakor itu, juga dibahas masalah anggaran bidang publikasi, transportasi, Kesehatan dan keamanan. (reza).

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Diskominfo
Bidang Informasi: 
DISKEPORA