JPD Diajak Untuk Mencintai Budaya Daerah

Sungailiat - Kepala Dinas kepemudaan dan olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Suharto, dalam ini diwakili oleh Burhanuddin, Sekdiskepora Babel, menghimbau kepada pemuda untuk selalu mencintai dan melestarikan budaya daerah.

"Kalian pemuda generasi penerus, mari mulailah untuk mencintai budaya daerah dan bangsa kita", ujar, Burhanuddin sekdiskepora Babel, saat meninjau dan berdiskusi bersama peserta dan panitia jambore pemuda daerah (JPD) Babel, rabu (04/09/2019) di pantai matras Sungailiat kabupaten Bangka.

Seperti diketahui, peserta jambore pemuda daerah diikuti sebanyak 50 orang peserta, perwakilan dari kabupaten/kota sebabel. kegiataan yang berlangsung selama lima hari, di mulai tanggal 2-6 September 2019,di pantai matras Sungailiat kabupaten Bangka.

Tidak jauh dari pintu gerbang masuk pantai matras, tepatnya disebelah kiri tampak berdiri kokoh enam buah tenda/barak tempat menginap para peserta selama menjalani jambore, lengkap dengan peralatan tidur. para peserta JPD Babel, akan melakukan berbagai kegiataan pembelajaran kebudayaan seperti , belajar membatik, senam, tari.

seusai sholat subuh berjamaah, para peserta mulai melakukan aktivitas, seperti sholat subuh berjamaah, senam pagi, kemudian dilanjutkan dengan pembekalan materi. Selain itu, sekdiskepora Burhanuddin, mengingatkan agar para peserta harus menjalani dan mengikuti apa yang sudah menjadi aturan dari panitia, seperti, jangan mandi di pantai.

Tak hanya itu, jika ada masalah atau hambatan, seperti kebutuhan air bersih maupun selama menjalani JPD, jangan sungkan segera diskusi dan meminta solusi kepada panitia, selain itu katanya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan, kebersihan dan keamanan, tuturnya.

" jaga kesehatan, ingat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah sembarangan, buanglah ditempat sampah", himbau, sekdiskepora Burhanuddin.

Sementara itu, Abang Evan Savitri kasie pengembangan kepemudaan diskepora Babel, mengemukakan, dari 50 orang peserta, nanti akan diseleksi dan dipilih sebanyak 12 orang yang terdiri dari 6 orang putra dan 6 orang putri untuk mewakili Babel mengikuti jambore pemuda Indonesia (JPI) tingkat nasional.

Untuk keamanan dibantu oleh Satpol-PP dari pihak kabupaten Bangka sebanya dua orang yang bertugas pagi dan dua orang bertugas malam harinya.menurutnya, hingga hari ini pelaksanaan JPD Babel berjalan lancar tanpa ada hamabatan.

"nanti 12 orang yang terpilih lolos akan dilakukan pembekalan lagi, seperti pembekalan seni tari, senam dan lainnya, karena itu yang nantinya akan ditandingkan di tingkat nasional", jelas, kasi Abang Evan yang juga selaku panitia JPD.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits/Nita/ovie
Fotografer: 
Ovie/Nita
Bidang Informasi: 
DISKEPORA