Kadiskepora Siap Datangkan Pelatih Internasional

PANGKALPINANG-Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Babel berkerjasama dengan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) telah selesai melaksanakan Pelatihan Pelatih Panahan tahun 2020. Kegiatan telah berlangsung dari 7 November tersebut, 10 November 2020 resmi ditutup.

Pelatihan yang diikuti oleh 25 Pelatih Panahan dan Badan Pembina Olahraga Pelajar Indonesia (Bapopsi) Kabupaten/Kota se-Babel itu, dilaksanakan dengan metode pembelajaran materi dan praktek selama empat hari dengan jumlah jam (JP) pelajaran sebanyak 27 JP yang diakhiri dengan ujian komprehensif dan pengumuman lima peserta terbaik.

Dalam sambutan penutupan yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Hotel Bangka City, Selasa (10/11/2020) Kadiskepora, Suharto mengatakan, Pelatihan yang telah dilaksanakan beberapa hai kemarin, nantinya dapat dipelajari dan diterapkan ilmunya.

“Kita bersyukur, pelatihan ini, dibebankan dari anggaran APBN dan dibantu Kemenpora, karena untuk melaksanakan pelatihan seperti ini, sangatlah mahal,” ujarnya.

Suharto menyebutkan pentingnya pelatihan pelatih panahan bagi para peserta. ‘’Babel tahun depan sebagai tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS), salah satunya cabor panahan. Kita harus mempersipakan diri dengan sebaik-baiknya, jangan sampai kita tidak mendapatkan medali,” tegasnya.

Apabila panahan Babel ingin maju, menurut Suharto, maka pembelajarannya harus ditingkatkan lagi, bila perlu dirinya siap untuk datangkan pelatih bertaraf Intenasional.

“Bila ingin maju, belajar harus ditingkatkan, saya siap untuk mendatangkan pelatih internasional, tentunya dengan selalu bersinergi dengan pemerintah pusat, yaitu melalui Kemenpora,” kata Suharto.

Dirinya berharap, untuk para pelatih nantinya dapat melaksanakan kompetisi di tingkat daerah masing-masing agar dapat menerapkan ilmu yang sudah ada. ‘’Adakan kompetisi di daerah, di tengah pandemi ini, kita tetap bisa melakukannya, sekarang sudah bisa secara online menggunakan aplikasi zoom,” jelasnya.

Sementara itu, selama empat hari menjalani pelatihan, para peserta telah dibekali dengan berbagai materi oleh para pengajar yang berkompeten dan berpengalaman dari Persatuan Panahan Indonesia Pusat.

Materi-materi yang diberikan mulai dari sejarah olahraga panahan Indonesia, kode etik pelatih, metode latihan panahan, sistem organisasi, prosedur keselamatan, seting peralatan panahan, latihan fisik serta praktek memanah dengan sasaran dilapangan.

Sedangkan acara penutupan dihadiri Wakil Ketua II Persatuan Panahan Indonesia Hendra Kurniawan, Sekretaris Diskepora Babel Yopi Wijaya, Kabid Pembudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga, Panji Utama serta seluruh para peserta Pelatihan Pelatih Panahan.(rel/reza)

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Diskepora
Bidang Informasi: 
DISKEPORA