Kejurda Jatim Open 2019, Atlet Atletik Babel Raih Tiga Medali Emas Untuk Babel

Pangkalpinang - Tiga medali emas berhasil dibawa pulang atlet cabang olahraga atletik Provinsi Babel, Keberhasilan tiga atlet atletik Babel ini setelah mengikuti Kejurda Jatim open 2019 dan kualifikasi PON XX Tahun 2020, Kamis (28/03/2019). di GOR Joko Samudro Gresik, Provinsi Jawa Timur.

Tiga atlet atletik Provinsi Babel yang meraih medali emas dan berhasil lolos kualifikasi PON XX 2020. Yakni, pertama, Robi siyanturi juara pertama meraih medali emas nomor senior putra 10.000 M, dengan dengan waktu tercepat yakni 31:18.18. kedua, Ahmad hambali syukur juara pertama meraih medali emas pada nomor lomba senior putra lompat jauh dengan jarak angin 7.14 m. ketiga, Tri Suhartomo atlet lontar martil meraih medali emas pada nomor lomba senior putra Lontar Martil dengan jarak 53, 49 m.

Yahuza Pelatih atlet cabang olahraga Atletik PPLP Provinsi Babel merasa senang dan bangga atas keberhasilan yang telah diraih para atlet atletik dan PPLP Provinsi Babel.

"Ya senang lah, mereka berhasil juara dan lolos kualifikasi PON, jadi sekarang babel sudah melolos kan 3 atlet atletik" ungkap Yahuza yang juga atlet atletik Nasional, jumat (29/03/2019) usai bertemu dan berkoordinasi dengan Kadiskepora Suharto, di ruang kerja kadiskepora provinsi Babel.

Ditambahkannya, menjelang Pekan Olahraga Wilayah (PORWIL) di Bengkulu yang akan dilaksanakan pada bulan November 2019 mendatang, yahuza berharap agar lebih banyak lagi atlet yang bisa lolos PON dan bisa mendapatkan medali.

"para atlet harus latihan terus, dan KONI harus membina para atlet -atletnya yang berprestasi, agar prestasi atlet Babel bisa menjuarai di Porwil dan PON", sarannya.

Ia menyarankan agar KONI dapat membina para atlet yang berprestasi sehingga prestasi atlet Babel bisa lebih baik lagi. Misalnya, untuk latihan atlet dibiayai dan ada gaji, tentunya itu akan menambah semangat atlet latihan, pungkasnya.

"Harapan kita sebagai pelatih dan atlet, agar atlet yang berprestasi, yang belum bekerja agar dapat dikasih pekerjaan untuk masa depan mereka" harapnya.

Kepala dinas kepemudaan dan olahraga Provinsi Babel Suharto sangat mengapresiasi atas keberhasilan yang telah diraih para atlet PPLP dan atlet atletik provinsi Babel, serta pelatih yang telah membina para atletnya, berkat keberhasilan di kejurda Jatim open 2019.

"terima kasih kepada para pelatih yang telah membina atletnya sehingga berhasil meraih medali emas pada kejurnas Jatim open, nanti khususnya atlet PPLP ini
Bisa mengikuti PON di Papua", jelasnya, Jumat (29/03/2019) usai pertemuan dan berdialog bersama pelatih PPLP provinsi Babel, di ruang kerjanya diskepora Babel.

Harapan diskepora atlet yg sudah masuk dalam kualifikasi PON, kadiskepora Suharto menyarankan agar KONI Babel dapat melakukan pembinaan terhadap para atlet yang berprestasi tersebut. serta pengurus KONI dapat segera berkoordinasi dengan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia )PASI Provinsi Babel.

"Kepada koni agar para atlet yang sudah lolos kualifikasi PON agar segera dibina, karena PON sudah diambang pintu,untuk atlet prestasi itu ranah KONI, karena para atlet tersebut sudah berprestasi maka KONI wajib untuk membina dan menjadi tanggung jawab KONI", pungkas kadiskepora suharto.

Dijelaskan kadiskepora Suharto, bahwa gubernur Babel Erzaldi Rosman menginginkan untuk menambah wawasan para pelatih, dan pelatih di anjurkan untuk menambah ilmunya melalui pelatihan, menurutnya, Kalau pelatih baru punya sertifikasi tingkat daerah maka ditingkatkan hingga tingkat nasional bahkan ke tingkat internasional, jelas kadiskepora Suharto.

"untuk atlet yang berprestasi sudah kita pikirkan yang mekanismenya sudah mendapatkan arahan dari Pak gubernur. Penyampaian ini juga kita bahas tadi sewaktu menyerahkan honorium para pelatih PPLP", pungkasnya

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA