Pelatihan Pemandu Wisata Resmi Di Buka

Pangkalpinang - Kepala Dinas kepemudaan dan olahraga provinsi kepulauan Bangka Belitung, Suharto, dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris dinas kepemudaan dan olahraga Burhanudin, membuka secara resmi Pelatihan kewirausahaan pemuda, ditandai dengan pengalungan tanda peserta, selasa (17/03/2020).

Pelatihan kewirausahaan pemuda, dengan mengusung tema Pelatihan Pemuda Pemandu Wisata Cagar Budaya. Pemuda Indonesia, khususnya pemuda Bangka belitung akan terus tumbuh berkembang, dalam mengisi dan membangun bangsa melalui karya nyata, kreativitas serta semangat kemajuan dalam kebersamaan.

Pemuda adalah warga negara Indonesia yang memasuki periode penting dalam pertumbuhan dan perkembangan yang berusia 16 sampai dengan 30 tahun berdasarkan pasal 1 ayat 1 sesuai dengan unfang-undang no 40 tahun 2009 tentang kepemudaan.

Sekretaris dinas kepemudaan dan olahraga Burhanudin, menjelaskan, pelatihan bertujuan mengembangkan sumber daya pemuda yang profesional dibidang pemandu wisata, khususnya di destinasi wisata budaya di Babel.

"Peran pemandu wisata merupakan komponen paling vital dan sebagai ujung tombak dalam sektor pariwisata" jelasnya, selasa (17/03/2020), di Hotel Menumbing Heritage Pangkalpinang.

Dikatakannya, dengan tema tersebut, seluruh masyarakat, khususnya pemuda, perlu terus menerus memantapkan tekad dalam mempertahankan kemandirian dan kreativitas membangun identitas yang lebih kokoh dan bermartabat di negeri serumpun sebalai.

" Sektor pariwisata telah terbukti dapat mengangkat kehidupan masyarakat, dalam pembangunan serta menggerakkan roda perekonomian bagi kesejahteraan masyarakat", ujarnya.

Sementara itu, ketua pelaksana, Kepala bidang Pemberdayaan dan pengembangan Pemuda, Ferdian Hermawan Loebis, diwakili oleh Kasie pengembangan pemuda Diskepora Babel, Anton, menjelaskan,
Pelatihan Pemuda Pemandu Wisata Cagar Budaya, akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai dari tanggal 17 – 20 Maret 2020, di Hotel Menumbing Heritage Pangkalpinang.

Pelatihan diikuti 35 orang pemuda Se-Babel, yang akan bertindak selaku narasumber terdiri dari, Perwakilan Bank BRI Pangkalpinang, Zamhari selaku dosen di STIE IBEK Pangkalpinang, Sejarahwan Babel, Akhmad Elvian dan Bambang Haryo Suseno penggiat budaya asal Muntok, M. Khalid berprofesi sebagai pamong budaya Babel, dan Wiwin Tribuwani Wiyonoputri akademisi dari Institut Teknologi Bandung (ITB).

Ditambahkannya, sesuai dengan UU no 40 tahun 2009, pasal 27, yaitu Pengembangan kewirausahaan dilaksanakan sesuai dengan minat, bakat potensi pemuda, potensi daerah dan arah pembangunan nasional.

"Semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar", harapnya.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA