172 Club' Sepakbola Memperebutkan Piala Gubernur Erzaldi Cup

BAKAM - Sebanyak 172 club sepakbola antar desa bertanding memperebutkan piala Erzaldi Cup, Jumat (21/02/2020) di Lapangan Bola Desa Bakam kabupaten Bangka Provinsi kepulauan Bangka Belitung.

172 tim club' peserta yang terdiri dari desa di kabupaten Bangka, Bangka Selatan, Bangka tengah, Bangka barat, dan kota pangkalpinang. dengan hadiah Bonus total sebesar 48 juta. Pertandingan akan berlangsung selama 90 hari, akan berakhir hingga pertengahan bulan Juli 2020.

Gubernur Provinsi kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, dalam hal ini diwakili oleh kepala dinas kepemudaan dan olahraga Babel, Suharto, sangat mengapresiasi dan bangga atas turnamen sepakbola piala Erzaldi Cup desa Bakam, pasalnya, sebanyak 172 peserta club' sepakbola diikuti dari pemain setiap desa peserta.

"sekarang saya tantang, desa yang juara nanti ayo bermain di tingkat provinsi piala gubernur, tapi harus dari desa masing", jika ingin tingkat nasional, nanti saya datangkan dari PSSI nasional untuk bertanding dengan pemain desa" kita", tantangnya. Jumat (21/02/2020) saat membuka secara resmi Turnamen Sepakbola ERZALDI CUP, di Lapangan Bola Desa Bakam kabupaten Bangka.

Turnamen Erzaldi Cup dibuka secara resmi Gubernur Provinsi kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, dalam hal ini diwakili oleh kepala dinas kepemudaan dan olahraga Babel, Suharto, dengan ditandai kick off tanda dimulainya pertandingan turnamen Erzaldi Cup. Tak hanya itu, pada kesempatan tersebut, Kadiskepora Suharto, memberikan bantuan empat buah bola kaki kepada ketua panitia turnamen Erzaldi Cup.

"Ini adalah langkah strategis yang dilakukan gubernur, terbukti pada bulan September 2019 gubernur Babel Erzaldi Rosman mendapat penghargaan sebagai pembina olahraga berprestasi dari kemenpora RI. Pak Gubernur Erzaldi sangat mensupport sekali olahraga di Babel", ungkapnya.

Dikatakannya, kemarin kamis (20/02/2020) bersama dengan Gubernur Erzaldi melaksanakan rapat di Jakarta, tujuannya yaitu membahas rencananya, pemprov Babel akan membangun stadion berstandar internasional, yang terintegrasi dengan hotel, mall dan perkantoran.

"Ini impian pemprov Babel, setelah ada kesepakatan, nanti Babel akan memiliki lapangan berstandar internasional dan pemain dunia akan bermain di Babel. Mohon doanya semua", harapnya.

Pemprov Babel melalui Diskepora Babel, setiap tahun selalu menganggarkan dana untuk U-14 dan U-16. ini adalah tantangan, klo bisa nanti teman-teman memberi semangat kepada adik-adik generasi muda, agar dapat menjadi pemain nasional.

Tak hanya itu, Pemprov Babel saat ini juga membuka peluang untuk sekolah olahraga yakni SKO, PPLP dan PPLPD. Dikatakannya, untuk u-17 tim sepakbola putri Babel telah berhasil menjadi juara tiga tingkat nasional.

Ia menambahkan, Klo PPLP sudah dijembatani oleh kemenpora RI dan ada ketentuan" khusus, sedangkan untuk PPLPD direkrut melalui APBD, dan SKO melalui diknas Babel. Ini untuk membangun olahraga melalui pelajar, pungkasnya.

"Pak Kapolsek, saya mohon dibantu panitianya, agar jangan sampai nanti para pemain cidera, emosional dan berantem. Mari kita junjung, cintai persatuan dan kesatuan Ukhuwah islamiah harus di jaga dan dilestarikan, selamat bertanding dan jaga sportivitas", harapnya.

Sementara itu, Mashur Ketua panitia Turnamen Erzaldi Cup, menjelaskan peserta berasal dari desa dengan sistem persyaratan harus memiliki KTP asli atau bukti rekaman E-KTP.

"Jika pemain yang belum memiliki E-KTP maka harus menunjukkan KK, akte dan ijazah terakhir. nanti sebelum pertandingan panitia bersama manajer masing" akan melakukan verifikasi keabsahan pemain", ungkapnya.

tujuan turnamen yakni sebagai ajang silaturahmi antar insan pesepakbola sebabel, selain itu katanya, ingin memberikan nuansa yang berbeda dari nuansa yang berbeda dari turnamen biasanya. Jadi masing" desa akan menunjukkan kemampuannya sendiri, artinya nanti akan terlihat dan lahir bibit pemain dari desa, terangnya.

"Sumbangan pak gubernur 40 juta, dan 10 juta diberikan untuk bantuan masjid desa Bakam. Bagi kami gubernur sangat luar biasa, karena itulah modal kami untuk melangkah", katanya.

Kepada setiap club dilakukan penandatangan fakta integritas, suporter, club pemain dan manajer yang bertujuan terjaganya sportivitas antar peserta.

"Semoga pertandingan ini dapat berjalan lancar dan sukses hingga berakhirnya pertandingan", harapnya.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA