Aris Bilang Ini Tantangan Pembangunan Olahraga

Pangkalpinang - Sedikitnya ada tujuh tantangan pembangunan olahraga, antara lain, pertama meningkatnya jumlah dan kualitas tenaga keolahragaan.

Aris Subiyono Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Kementerian Kepemudaan Dan Olahraga RI menjelaskan, Tenaga keolahragaan memiliki peran penting menumbuhkan minat dan bakat serta prestasi masyarakat dalam berolahraga, jelasnya.

Sedangkan tantangan yang kedua yakni meningkatkan penerapan iptek dan kesehatan olahraga, menurut Aris, kemajuan IPTEK dan metode kesehatan modern telah mengambil peran dalam dunia olahraga. tantangan ketiga, mengoptimalkan peran sentra olahraga, jelas Aris.

"meningkatkan prestasi olahraga, pembinaan dan pengembangan olahraga sejak dini yang dikelola dengan baik dan benar sesuai dengan prinsip pembinaan jangka panjang perlu dilakukan", ungkap Aris, rabu (30/01/2019) malam. saat menjadi narasumber acara Rakor diskepora, bertindak selaku moderator Azami Anwar Sekretaris Diskepora Babel.

Ditambahkan Aris, tantangan keempat yaitu meningkatkan pembangunan sport tourism, dikatakan Aris saat ini sport tourism sudah menjadi perhatian banyak negara, ini sangat berpengaruh pada pembudayaan olahraga, kata Aris.

Perlunya meningkatkan pembudayaan olahraga di keluarga menjadi tantangan kelima pembangunan olahraga, menurut Aris, budaya olahraga saat ini masih minim dilakukan dalam keluarga, sehingga hal ini kata Aris membuat anak jarang yang memiliki kebiasaan berolahraga.

"Perlunya implementasi pembudayaan olahraga secara massal, misalnya melalui gerakan senam atau aktivitas lain yang wajib dilakukan di kantor pemerintah dan swasta maupun di sekolah", jelas Aris.

Yang menjadi tantangan terakhir pembangunan olahraga yakni peran pemerintah daerah dalam pembangunan olahraga. Sesuai UU nomor 23 THN 2014 tentang pemerintah daerah,jelasnya.

"olahraga adalah urusan wajib non pelayanan dasar bagi pemerintah daerah sehingga perlu mengetahui dan menganalisis persentase APBD untuk olahraga", tegas Aris.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA