Gubernur Babel Membuka Secara Resmi Pelatihan Paskibraka

Pangkalpinang - sedikitnya 30 orang pasukan khusus pengibar bendera pusaka (Paskibraka) tingkat provinsi kepulauan Bangka belitung mulai melaksanakan pemusatan pelatihan, 27 Juli hingga 23 Agustus 2019, di LPMP Provinsi babel. 30 orang paskibraka Babel terdiri dari 17 orang putra dan 13 orang putri.

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam hal ini diwakili staf ahli bidang kemasyarakatan dan sumberdaya manusia Setda Provinsi babel Toni Batubara, menjelaskan, pelaksanaan pelatihan salah satu upaya untuk melatih kesigapan dan ketrampilan anggota yang akan bertugas sehingga dapat tampil maksimal, jelasnya, saat membuka secara resmi acara pelatihan paskibraka Babel, sabtu (27/07/2019) malam, di Lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP) provinsi Babel.

"selamat kepada anak-anak kami yang telah terpilih menjadi anggota paskibraka, ini merupakan prestasi Dan kehormatan tersendiri, karena kalian adalah siswa siswi terpilih, mempunyai talenta, kepribadian, kemampuaan dan kecerdasan di atas standar pelajar lainnya", tuturnya.

Ditambahkannya, anggota paskibraka yang terpilih harus mampu menunjukkan kualitas sebagaai insan terpilih, selain itu katanya, anggota paskibraka harus beretika tinggi dan berbudi luhur serta memiliki wawaasan kebangsaan yang tinggi.

Kesiapan fisik dan mental akan digembleng pada pelatihan ini sehingga diperlukan semangat dan niat untuk mengikuti dengan sepenuh hati. HUT RI ke 74 tahun 2019 dengan mengangkat Tema, SDM unggul Indonesia maju, pungkasnya.

"puncak keberhasilan upacara memperingati HUT proklamasi RI ke 74 ini berada di pundak paskibraka.berlatihlah dengan sungguh-sungguh, tekun, serius dan patuhi serta ikuti semua pesan dan instruksi pelatih. Jaga kekompakan sebagai team work", pesannya.

Sementara itu, ketua panitia Ferdian Hermawan Loebis, mengatakan, peserta berasal dari tujuh kabupaten/kota. berjumlah 32 orang, 2 orang ke tingkat nasional dan 30 orang tingkat provinsi Babel yang terdiri dari 17 orang putra dan 13 orang putri, jelasnya.

Selama pelatihan para peserta akan mendapatkan materi dari narasumber terdiri dari, narasumber pusat dari kementerian pemuda dan olahraga (Kemenpora) RI, Kepolisian daerah (Polda) Babel, Badan narkotika negara (BNN) Babel dan purna paskibraka Indonesia (PPI) babel. Pelatih terdiri dari, Kepolisian daerah (Polda) Babel, korem 045 garuda jaya dan Kodim Babel.

"Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya kegiataan ini, mohon maaf jika selama penyelenggaraan kegiataan terdapat kekurangan dan hal-hal yang kurang berkenan", ungkap Ferdian yang juga selaku kepala bidang pemberdayaan pemuda dinas kepemudaan dan olahraga provinsi babel.

Seperti diketahui, beberapa waktu yang lalu, kepala dinas kepemudaan dan olahraga provinsi kepulauan Bangka belitung Suharto melepas keberangkatan dua orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang mewakili Provinsi Babel ke tingkat Nasional, kamis (25/07/2019) di kantor dinas kepemudaan dan olahraga provinsi Babel. dua orang paskibraka asal Babel akan menjadi pasukan pengibar bendera merah putih pada 17 Agustus 2019 di istana negara.
Yakni Annisa Hurul Aini (16) pelajar yang duduk di kelas sebelas Sekolah menengah atas (SMAN 1) kota Sungailiat kabupaten Bangka dan Catarino J.F (16) pelajar yang duduk dikelas sebelas SMAN 1 kota Pangkalpinang

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA