Hadapi Kejurnas Menembak KASAU Cup 2021, Atlet Menembak Babel Unjuk Prestasi Bukan Partisipasi

PANGKALPINANG-Pengurus Besar Persatuan Menembak Indonesia (PB Perbakin) Babel, terus melakukan persiapan untuk berbagai event nasional, termasuk Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Menembak Kasau Cup 2021 mendatang.

Disampaikan oleh pelatih menembak Babel, Ridwan Gunawan, bahwa kejuaraan ini bukan saja sebagai persiapan menghadapi kejurnas Kasau Cup 2021, melainkan juga untuk Popnas 2021.

Kejurnas Kasau Cup ini sendiri, nantinya akan digelar secara online, dengan mengambil lapangan tembak di GOR Sahabudin Pangkalpinang.

‘’Kejurnas Kasau tahun ini bukan pertama kali diikuti Babel, sebelumnya sudah empat sampai lima kali Babel ikut kejurnas menembak online. Kita sudah dipercaya PB Perbakin pusat karena sering mengikuti turnamaen menembak, jadi Babel mengikuti kejurnas ini bukan partisipasi lagi melainkan untuk unjuk prestasi.’’ kata Ridwan, Minggu (21/03/2021).

Dijelaskan Ridwan, atlet-atlet menembak Babel terus siap untuk menghadapi turnamen yang akan digelar pada tahun ini, namun ada hal yang menjadi kendala, yaitu lapangan tembak yang dimiliki Babel belum berstandar internasional.

‘’Lapangan tembak kita belum berstandar, kita masih memiliki enam ban yang masih manual sedangkan standar internasional harus memiliki sepuluh ban dan sudah menggunakan teknologi digital.’’ Ungkapnya.

Lebih lanjut Ridwan mengatakan, pada kejurnas Kasau Cup 2021 yang akan, datang PB Perbakin Babel tidak memasang target, namun terus menanamkan mental atlet untuk terus tampil maksimal.

‘’Kami tidak ada target untuk kejurnas ini, namun kami terus berusaha menanamkan mental atlet saat bertanding untuk tampil semaksimal mungkin, dilihat dari prestasi, atlet kita bisa bersaing dengan atlet petembak dari Provinsi lain.’’ Imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadiskepora) Babel juga sebagai pelatih menembak, Suharto mengatakan, kejurnas Kasau yang akan datang akan mempertandingkan kelas Air Rifle Match dan Pistol, namun untuk kelas Tembak Reaksi sudah dimulai sejak kemarin.

‘’Ada empat atlet Babel yang sedang bertanding pada kejurnas Kasau ini, yaitu Erzaldi Rosman, Melati Erzaldi, Arbi Leo dan Ilham mereka turun di kelas tembak reaksi sejak kemarin dan Babel sudah unggul angka, mudah-mudahan hari ini dan besok tetap unggul.’’ Kata Suharto.

Ia menambahkan, Kelas yang akan diikuti atlet petembak Babel pada Kejurnas Menembak Kasau Cup 2021 nanti, yaitu kelas air rifle match putra senior dan youth dan air rifle match putri youth.

‘’Kita tidak bisa menurunkan atlet PON Tria Marlina karena dia masih ujian, namun kita masih punya petembak senior Anggit yang mentalnya tidak diragukan lagi, untuk kelas youth putri atlet kita Aulia dan Desti akan ikut dan mereka ada peluang.’’ Ujarnya. (reza)

Sumber: 
Diskepora
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Bidang Informasi: 
DISKEPORA