Kadiskepora Suharto Beri Semangat Bertanding Atlet Olahraga Tradisional Babel

Yogyakarta - Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suharto, secara khusus menyempatkan diri hadir memberikan dukungan dan semangat kepada para atlet olahraga tradisional Babel yang berlaga diajang Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) Tahun 2019.

Pekan Olahraga Tradisional Tingkat Nasional (Potradnas) Tahun 2019. diselenggarakan di Stadion Sultan Agung, Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta, sabtu 26/10/2019.

Sebelumnya Kadiskepora Suharto, bersama sejumlah Panitia Pornas Korpri Babel mengadakan rapat koordinasi dengan jajaran pengurus Korpri DIY dalam rangka sharing pengalaman pelaksanaan Pornas sebelumnya di DIY agar Pornas Korpri di Babel November mendatang dapat terlaksana dengan lancar dan sukses.

“Seharusnya saya sudah harus pulang ke Bangka Belitung Kehadiran saya ini dalam rangka memberikan semangat bagi para adik – adik atlet, menang kalah urusan nanti yang penting mereka dapat bermain dengan baik dan sportif, “ terang Kadiskepora Suharto.

Ditambahkannya, terkait dengan Belitung Timur tahun depan akan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Tradiosional Tingkat Nasional, momen ini dapat menjadi gambaran atau acuan bagaimana kita nanti bersama teman – teman dan Dispora Belitung Timur dapat mempersiapkan diri dengan sebaik – baiknya.

Olahraga tradisional harus dikembangkan dan dilestarikan sebagai bagian dari olahraga masyarakat, dalam undang - undang sistem keolahragaan nasional semuanya harus terlibat dan saling mendukung baik pemerintah, pelaku olahraga maupun masyarakat itu sendiri.

Kadiskepora Suharto, sangat mendukung dalam waktu dekat ini akan dibentuk Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) sebagai wadah olahraga masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dengan dibentuknya FORMI ini diharapkan Komite Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) juga terbentuk.

Pekan olahraga Tradiosinal yang digelar di Bantul DIY pada tanggal 25 – 28 Oktober 2019 dibuka oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Raden Isnanta bersama Bupati Bantul Suharsono mempertandingkan 5 (lima) cabang olahraga yakni : terompah panjang atau yang dikenal sebagai bakiak, Enggrang, Sumpitan, Dagongan dan Hadang.

Sebanyak 24 Provinsi dipastikan ikut berpatisipasi dalam ajang ini dan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sendiri menurunkan atlet terbaiknya yang ikut dicabor Bakiak, Enggrang, Hadang dan Sumpitan hasil seleksi tingkat provinsi pada bulan juni lalu di Belitung.

Para Atlit didampingi oleh beberapa orang pelatih, official dan Kabid Pembudayaan dan Peningkatan Prestasi Olahraga Panji Utama serta Kasi Peningkatan Prestasi Olahraga Diskepora Babel Fudji Rudiansyah Sukma. (Rel/Erik)

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Rel
Bidang Informasi: 
DISKEPORA