Kadiskepora Suharto : Meningkatkan Kualitas Pemuda Dan Olahraga Babel, Begini Strateginya

Sungailiat - Kepala dinas kepemudaan dan olahraga provinsi kepulauan Bangka Belitung, Suharto, berharap pembangunan kualitas pemuda dan olahraga di Bangka Belitung terus meningkat dan berprestasi.

Rencana strategis (Renstra) tujuan perangkat daerah yaitu untuk menurunkan tingkat pengganguran terbuka pemuda, sebagai indikator PD tingkat pengganguran terbuka, sasarannya yakni meningkatnya Pemuda dalam ekonomi, jelasnya.selasa (18/02/2020) saat menjadi narasumber di forum rencana kerja (Renja) Perangkat daerah (PD) Diskepora se-Bangka Belitung tahun 2021, di Novilla boutique resort, Sungailiat kabupaten bangka.

"Untuk mencapai sasaran ini, kepada bidang kepemudaan agar dapat dibentuk tim untuk turun langsung kelapangan, pemuda adalah leading sektor yang benar -benar diperhatikan terutama KNPI, Pramuka, baik dari tingkat pelajar, mahasiswa dan generasi muda", tegasnya.

Peran aktif organisasi pemuda memang belum maksimal, kepemudaan harus berani masuk kelini kepemudaan, mulai dari usia 16 -30 tahun, sebab, katanya, jangan sampai nanti ada pemuda yang jadi pengganguran, sarannya.

Tak hanya itu, tujuan PD meningkatkan peran aktif pemuda, indikatornya yakni presentase pemuda yang aktif dalam berorganisasi, dengan sasaran dapat meningkatnya peran aktif organisasi pemuda.

"jangan sampai bidang kepemudaan santai, silahkan turun kelapangan. infokan di kewirausahaan ada dana triliunan yang bisa digunakan, saya tegaskan agar bidang pemuda punya data berapa yang perlu di.bantu, melalui dana KUR. sayang dana KUR triliyunan tapi tidak maksimal penyerapannya", tegasnya.

Ditambahkannya, tujuan PD meningkatkan prestasi olahraga, sebagai indikator yakni persentase perolehan medali, sasarannya meningkatnya pembinaan cabang olahraga berprestasi.

Diakui, Kadiskepora Suharto, bahwa dalam meningkatkan pembinaan cabor berprestasi di Babel hingga saat ini, masih bersifat rutinitas dan pemikiran yang belum secara nasionalis, menurutnya, dalam meningkatkan prestasi olahraga dengan baik dan bener, KONI sebagai wadah dalam pembinaan atlet, agar dapat diperbaiki dan ditingkatkan terutama dari pemilihan para pelatihnya.

"Tingkatkan kompetisi di para pelatih, tidak hanya ditingkat nasional saja, kalau bisa harus di atas itu, syaratnya SDM nya pandai bahasa Inggris sehingga bisa sampai level internasional. Suka tidak suka bahasa Inggris harus", pungkasnya.

Tujuan PD Meningkatkan kesehatan dan kebugaran, indikatornya persentase kebugaran jasmani, sasarannya meningkatnya partisipasi masyarakat dalam berolahraga.

"Melalui olahraga inilah badan, jiwa dan raga kita bisa sehat, sehingga terhindar dan terkontaminasi dari hal-hal yang negatif", kata, Kadiskepora Suharto.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA