Kolong Spritus jadi Sarana Triatlon, Ini Konsep Kawasan Olahraga Terintegrasi

PANGKALANBARU -- Hutan di sekeliling kawasan olahraga terpadu jangan keseluruhan ditebang. Karena hutan tersebut dapat menjadi sarana olahraga sepeda downhill dan country serta menjadi cabang lokasi olahraga triatlon.

Demikian dikatakan Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman saat membuka Kejuaraan Menembak Gubernur Cup IV 2018, di Lapangan Tembak PERBAKIN, Padang Baru, Kabupaten Bangka Tengah, Sabtu (10/11/2018).

"Untuk triatlon sudah ada danau yaitu Danau Spritus. Tidak seperti di Palembang harus membuat danau. Kita sepakat membuat kawasan olahraga menjadi lebih baik," kata Gubernur Erzaldi.

Ditargetkan sekitar sepuluh tahun ke depan sarana dan prasarana olahraga di kawasan terpadu akan terlaksana. Seperti dilansir sebelumnya, lahan tempat pembangunan fasilitas olahraga mencapai 80 hektare.

Suharto Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) yang juga selaku Wakil Ketua Umum Perbakin Bangka Belitung mengatakan, Perbakin telah mencetak dua orang atlet menembak yakni Tria marlina dan Anggit putra Pratistha.

"Mereka akan mengikuti kejuaraan menembak pada Pekan Olahraga Nasioanal (PON) 2020 mendatang. Anggit putra Pratistha merupakan mahasiswa S2 jurusan Hukum Universitas Sriwijaya (UNSRI) Palembang," jelasnya.

Sementara Tria Marlina, kata Suharto, merupakan mahasiswi semester satu Politeknik Manufaktur Timah (Polman) Provinsi Bangka Belitung. Masih ada waktu dua tahun, dan atlet ini harus benar-benar digembleng.

"Satu tahun ke depan, mudah-mudahan bisa mencetak lagi. Minimal satu atlet menembak putri dan satu putra untuk mengikuti PON 2020 di Papua," jelasnya.

Lebih menggembirakan lagi, kata Suharto, atlet seagames menembak Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu Ridwan Gunawan akan turun menembak lagi apabila fasilitas yang diminta ada dan lengkap.

Ridwan Gunawan mempunyai keahlian menembak tiga posisi sikap menembak yang akan diikuti pada PON mendatang. Dikatakan Suharto, jika Gubernur bisa membelikan senjata bigboor berjarak tembak 600 meter, bisa ikut tiga posisi menembak.

"Pertama, standing position, kedua, kneeling position dan ketiga prone position. Apabila ada senjatanya, bisa menyumbangkan medali emas pada PON mendatang. Ridwan spesialis menembak tiga posisi," ujarnya.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adi Tri Saputra