Mengembalikan Kejayaan Lada Babel, Kata Kadiskepora Suharto Begini Solusinya

Zed - Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Yang diwakili Oleh Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung Suharto melakukan Jalan Sehat dan dialog Pertanian bersama masyarakat desa Zed.

Pada kesempatan tersebut Kepala desa Zed Harjono beserta Pemuda karang taruna bertanya kepada Gubernur Babel yang diwakili kepala dinas kepemudaan dan olahraga Suharto agar bisa bercocok tanam Lada yang baik dan menghasilkan lada yang berkualitas

"Bagaimana bertanam lada yang baik dan berkualitas" ujar Kades desa Zed Harjono

menanggapi berbagai pertanyaan dari kades dan masyarakat, kadiskepora Suharto pun memberi semangat kepada pemuda karang taruna dan masyarakat desa Zed, untuk terus berusaha bercocok tanam tanaman lada, menurutnya, dengan bertanam lada yang baik dan berkualitas maka akan mampu mengembalikan kejayaan lada Bangka belitung.

Kadiskepora Suharto selain sebagai aparatur sipil negara, kesehariannya juga sebagai petani, memang tak banyak yang mengetahui bahwa kadiskepora Suharto sudah sejak lama bertani, mulai dari tanaman sawit, lada maupun karet, hingga sekarang pun masih menekuni profesinya sebagai petani.

"Kades dan pemuda karang taruna nanti akan saya ajak ke tempat pembibitan lada, bisa melihat langsung pembibitannya, di mana bibit stek bawah tanaman lada berasal dari Kalimantan", ungkap Kadiskepora Suharto didampingi Adik Gubernur Provinsi Babel yang merupakan calon anggota DPR RI Erfian Rosman Djohan dan Staf Khusus Gubernur Sekaligus salah satu tokoh Pemuda Bambang Ari Satria, usai acara Jalan Sehat, di Desa Zed kabupaten Bangka, Minggu (06/01/2019).

Ditambahkan Kadiskepora Suharto bahwa tanaman melada dapat dijadikan sebagai sambungan/stek untuk tanaman bawah lada Bangka, keunggulannya meskipun ditanam di dataran lahan tanah lembek, pohon lada tersebut bisa lebih tahan penyakit dan bisa hidup hingga belasan tahun, dan lebih produktif bisa berproduksi hingga dua kilo perpohon.

"Bibit stek melada berasal dari Kalimantan tersebut mempunyai Keunggulannya lebih tahan penyakit, jadi bawahnya tanaman melada disambung/stek dengan lada Bangka, produksi bagus, di kalimantan sedang di Kembangkan dan Berhasil dengan baik dan ini sangat cocok di tanam di tanah Babel" jelas Kadiskepora Suharto.

"insyaallah saya akan menjembatani keinginan masyarakat di sini, mari bersama kita bangkitkan kembali kejayaan lada babel" ujar Kadiskepora Suharto .

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits