Menuju Prestasi Di Porwil Dan PON 2020, KONI Terapkan Program Babel Pacak

Pangkalpinang - Sedikitnya ada tiga program unggulan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2019, pasalnya Program Babel Pacak untuk mewujudkan prestasi menghadapi Porwil dan PON 2020 mendatang.

KONI Babel mempunyai program Babel Pacak, ada tiga program pengembangan cabang olahraga unggulan di program Babel Pacak, jelas Win Iskandar Wakabid Binpres KONI Provinsi Babel, saat menjadi narasumber acara Rakor rencana kerja perangkat daerah diskepora se-provinsi kepulauan Bangka Belitung, Kamis (31/01/2019) di Renz hotel Pangkalpinang.

Tiga program unggul tersebut antara lain, pertama cabang olahraga tradisi berprestasi, yakni cabang olahraga atletik, panjat tebing, pencak silat, menembak dan bilyar, kedua, Cabor kultural yang punya potensi, menurutnya, yakni Cabor sepakbola, basket, renang dan Wushu.

"terakhir, cabor secara geografis potensi alam, yakni Cabor volly pantai, triatlon,selam, jetski, sepakbola pantai dan wind surfing", jelasnya.

Menurut Win kebijakan KONI di tahun 2019 untuk porwil, karena pada saat porwil ada sekitar sepuluh Cabor yang akan dipertandingkan, diantaranya Cabor yang dipertandingkan yakni, Cabor renang, panjat tebing, atletik, sepakbola. Sedangkan di tahun 2020 kata Win, harapannya Babel dapat masuk dua puluh besar PON 2020 di papua, sekitar 50 Cabor yang akan dipertandingkan, 44 medali yang diperebutkan pada PON mendatang, jelasnya.

"PON mendatang, babel menargetkan sekitar sepuluh medali emas, adapun Cabor nya antara lain, atletik, panjat tebing, menembak dan bilyar", ungkap Win.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA