Olahraga Babel Harus Mendunia, Begini Kata Kadiskepora Suharto

Tanjung Pandan - Bangka selatan, Pangkalpinang dan Bangka barat berhasil meraih juara pertama pada perlombaan Invitasi olahraga tradisional (IOT) tingkat Provinsi Babel 2019, kegiataan yang digelar mulai tanggal 25-26 Juni 2019 di pantai wisata tanjung pendam belitung.

Pangkalpinang berhasil menjadi juara pertama pada cabang olahraga Engrang beregu putra, Kontingen Bangka selatan berhasil menjadi juara pertama pada dua Cabor yakni Cabor sumpitan beregu campuran putra/putri dan Cabor Hadang beregu putri. Sementara itu, di kelas Cabor Bakiak beregu putra berhasil diraih kontingen dari Bangka barat.

"selamat kepada Para juara, nanti para juara ini yang akan mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengikuti Invitasi Olahraga tradisional (IOT) tingkat nasional di Samarinda Kalimantan timur, November 2019 mendatang", kata Suharto Kepala dinas kepemudaan dan olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, saat menyampaikan sambutan pada malam ramah tamah bersama peserta IOT dan sekaligus penyerahan hadiah kepada pemenang IOT, selasa (25/06/2019) malam, di Hotel Grand tropical Belitung.

Perlombaan olahraga tradisional harus bisa hingga ke tingkat dunia, seiring kemajuan era globalisasi informasi teknologi, olahraga tradisional yang merupakan peninggalan budaya bangsa Indonesia jangan sampai ditinggalkan, menurutnya jika sampai ditinggalkan maka dunia tidak bisa lagi melihat budaya Indonesia seperti apa, katanya.

"Olahraga tradisional harus bisa hingga ke tingkat dunia, termasuk mengundang kepada negara lain. perlombaan yang bertujuan untuk memperkenalkan dan mencintai olahraga tradisional serta terjalinnya silahturahmi antar masyarakat di provinsi babel", pungkasnya.

Ditambahkannya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan liga sepakbola pelajar U 15 dan U16 tingkat Asia yang akan dihadiri sekitar 15-16 negara. Gubernur mengharapkan agar nanti tidak hanya olahraga saja yang diselenggarakan di Babel, namun bagaimana kaitannya dengan potensi alam dan pariwisata, maka yang paling penting nanti akan berada di pulau Belitung ini, ujarnya.

Tak hanya itu, pada tahun 2020 Provinsi kepulauan Bangka Belitung di percaya sebagai tuan rumah Festival olahraga tradisional (FOT) tingkat nasional. Selain itu, pada tahun 2020 provinsi Babel juga dipercaya menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional (Kejurnas) karate antar PPLP/PPLPD dan SKO se-Indonesia, rencananya kejurnas karate akan dilaksanakan pada bulan April 2020.

"tolong sampaikan nanti kepada pak bupati, bahwa beberapa bulan yang lalu saya telah berkoordinasi dengan kemenpora dan saya meminta kalender olahraga pelajar tingkat asia yang nantinya insyaallah akan diadakan di pulau Belitung, ", tuturnya.

Berikut nama kontingen pemenang Invitasi Olahraga tradisional (IOT) tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, 25-26 Juni 2019, di pantai wisata tanjung pendam kabupaten Belitung. Pangkalpinang berhasil merebut juara pertama Cabor enggrang beregu putra,
Posisi kedua ditempati kabupaten Belitung, sementara kabupaten Belitung timur cukup puas berada di posisi ketiga. Pada Cabor Sumpitan beregu campuran Putra/putri, Bangka selatan berhasil meraih juara pertama, Kontingen Bangka barat cukup puas berada diposisi kedua, diposisi ketiga ditempati kontingen belitung.

Kontingen Bangka barat berhasil unggul dan meraih juara pertama pada cabang olahraga Bakiak beregu putra, kontingen Bangka selatan cukup puas berada diposisi kedua, juara ketiga ditempati kontingen kabupaten Bangka. Sedangkan pada Cabor Hadang beregu putri Bangka selatan berhasil meraih juara pertama, sementara Kota Pangkalpinang cukup puas berada di posisi kedua, sedangkan Bangka tengah dan Belitung menempati posisi juara ketiga.

Kasie pembudayaan olahraga Erik Pamu Singgih Nastoto, menjelaskan penyelenggaraan olahraga tradisional yang diadakan setiap tahun ganjil dan genap, katanya, Invitasi olahraga tradisional (IOT) diselenggarakan tahun ganjil, sedangkan di tahun genap festival olahraga tradisional, jelasnya.

" selamat kepada sang juara, yang nanti akan mewakili Babel di tingkat nasional, mari berusaha sebaik mungkin berikan yang terbaik untuk babel dan berprestasi.
untuk penyelenggaran IOT di Provinsi Babel, setiap kabupaten/kota di Babel akan bergiliran menjadi tuan rumah"

Malam ramah dan penyerahan hadiah kepada pemenang perlombaan IOT, dihadiri Asisten II Bidang pemerintahan Setda Kabupaten Belitung Mirang Uganda beserta Jajaran dinas pemuda olahraga (Dispora) kabupaten belitung, dan seluruh peserta kontingen tujuh kabupaten/kota se-provinsi Babel.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA