Pajero Indonesia ONE Touring The Bangka, Berharap Pariwisata Babel Dikenal

PANGKALPINANG-Pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga kini memberi dampak bagi berbagai sektor usaha, terutama untuk sektor pariwisata.

Berbagai usaha dilakukan untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata yang lumpuh.Salah satunya Komunitas Pajero Indonesia ONE dari beberapa chapter yang ada di wilayah Jabodetabek dan Sumatera untuk melaksanakan kegiatan Touring Tour The Bangka.

Acara tersebut dimaksudkan untuk kembali mempromosikan pariwisata Bangka. Adapun destinasi wisata yang dikunjungi diantaranya, Danau Kaolin, Tanjung Krasak, Puri Tri Agung, Pantai Penyusuk, Pulau Putri, Aik Bedelew dan Galery PLUT UMKM Babel. 

Diketahui beberapa waktu yang lalu, Pemprov Babel telah menggelar rapat yang dipimpin langsung Gubernur telah melakukan rapat guna mensupport kegiatan Komunitas Pajero Indonesia ONE ini dalam rangka meningkatkan dan menggiatkan kembali Wisata Babel ditengah masa pandemi Covid.

"Kami datang ke sini dengan tujuan untuk mengenal wisata Bangka dan diharapkan bisa membangkitkan lagi pariwisata di Babel, khususnya ekonomi yang terkena dampak Pandemi Covid -19, kami juga akan berkolaborasi dengan UMKM untuk mengenalkan produk-produk asli Babel kepada seluruh peserta." ujar Ketua Umum Komunitas Pajero Indonesia One Chapter Bangka, Aay Ruhiyat, Rabu (24/02/2021).

Selain itu, Aay Ruhiyat mengatakan, Kominitas Pajero Indonesia One yang akan melakukan Tour The Bangka nantinya juga akan melaksanakan kegiatan Bhakti Sosial dan melakukan pengukuhan pengurus Chapter Bangka sekaligus meresmikan perwakilan Chapter Bangka.

‘’Selain mengadakan touring, kami juga akan melakukan bhakti sosial yang akan dipusatkan di Koba dan Toboali, ada juga Fun Ofroad, setelah itu rombongan akan menuju Tanjung Pesona untuk melaksanakan acara pengukuhan.’’ Kata Aay Suhiyat.

Rombongan menuju Bangka dengan jumlah estimasi sebanyak 60 sampai dengan 100 mobil dari berbagai wilayah di Jawa dan Sumatera.

Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Diskepora) Babel, Suharto mengatakan, keagiatan Tour The Bangka Komunitas Pajero Indonesia One ini sudah diagendakan dan Pemerintah Babel sudah melakukan persiapan sejak lama. Berdasarkan Agenda dari Komunitas ini ada beberapa hal yang harus ditambahkan.

‘’Kegiatan ini sudah diagendakan, kita sudah siap, namun ada terkendala mekanisme terkait surat yang akan disampaikan ke Pemerintah Kabupaten, dimana mereka akan melakukan kegiatan, karena masuk wilayah lain harus kirim surat dulu.’’ Kata Suharto, saat ditemui diruang kerjanya.

‘’Atas arahan Gubernur, Komunitas ini nantinya diarahkan untuk berbelanja di PLUT UMKM Babel, setelah itu mereka akan melakukan Fun Ofroad, namun setelah berkoordinasi, kita menyarankan agar menggunakan lapangan exs MXGP yang ada dibelakang GOR.’’ tambahnya.

 Ia juga menekankan kepada Komonitas Pajero Indonesia One agar dapat berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Babel jangan hanya Diskepora saja.

Suharto berharap, dengan adanya kegiatan ini, nantinya pariwisata Babel akan dikenal oleh pihak luar, perekonomian juga dapat berpengaruh positif ditengah pandemi Covid ini.

‘’Saya mewakili Gubernur sangat bangga, semua Komunitas harus dirangkul karena merekalah yang akan mempromosikan pariwisata kita nantinya.’’ harapnya.

Rangkaian kegiatan yang berlangsung dari 11-13 Maret 2021 sejauh ini persiapan terus dilakukan dengan seluruh pihak-pihak terkait lainnya. (reza)

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Fotografer: 
Reza Wahyudhi Thamrin
Bidang Informasi: 
DISKEPORA