Pemuda Berpotensi, Kata Bob Ayo Kabupaten/Kota Ikutsertakan Dalam Seleksi Kepemudaan

Pangkalpinang- Sepuluh kegiataan kepemudaan yang akan dilaksanakan Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sepanjang tahun 2019.

Ferdian Hermawan Loebis Kepala Bidang Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda Diskepora Babel mengatakan, sepuluh kegiataan tersebut antara lain, pelatihan kewirausahaan pemuda yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2019, kedua seleksi Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang akan dilakukan pada bulan April 2019.

"dibulan April 2019 juga akan dilaksanakan seleksi kapal pemuda Nusantara(KPN), dan seleksi Paskibraka", ungkap Ferdian yang biasa di sapa Bob, (31/01/2019), di Pangkalpinang.

Di bulan mei 2019, ada dua kegiataan seleksi yakni Seleksi Pepelingasi dan seleksi pemuda pelopor, sedangkan pelaksanaan paskibraka kata Bob akan dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2019, Untuk lomba kewirausahaan pemuda akan dilaksanakan pada bulan September Oktober 2019.

"Jambore pemuda daerah akan dilaksanakan pada bulan September 2019, untuk pengiriman jambore pemuda Indonesia bulan Oktober 2019", jelas Bob.

ditambahkannya, untuk di luar daerah seperti Kabupaten Belitung dan Belitung Timur, pemuda di daerah tersebut sangat berpotensi, Bob berharap agar setiap daerah dapat mencari bibit-bibit pemuda yang berpotensi untuk diikutsertakan dalam setiap seleksi kegiataan kepemudaan.

"nanti, tolong dicari bibit-bibit yang berpotensi di daerah tersebut, karena sayang setiap ada kegiataan seleksi, jujur, yang banyak mengirimkan hanya kota pangkalpinang, jangan sampai nanti dibilang yang selalu dikirim hanya itu-itu saja" kata Bob.

Lebih jauh Bob menjelaskan, ketika Diskepora Babel meminta sepuluh pangkalpinang mengirimkan dua puluh, berbeda dengan daerah yang lainnya, ketika Diskepora meminta sepuluh tapi yang dikirim hanya satu, dua, jelas Bob.

Ditambahkan Bob, bulan April 2019 Diskepor Babel akan melakukan seleksi program Kepemudaan dan Pertukaran pemuda antar negara (PPAN), yang nantinya akan diikuti sebanyak empat belas orang pemuda dari tujuh kabupaten/kota se-provinsi kepulauan Bangka Belitung, untuk tempat pelaksanaannya di pangkalpinang, ujar Bob.

Adapun persyaratan untuk mengikuti seleksi PPAN, yaitu, Persyaratan pertama, warga negara Indonesia yang belum menikah, kedua, berdomisili di provinsi kepulauan Bangka Belitung, ketiga, berusia 18 sampai dengan 30 tahun, keempat, sehat jasmani dan rohani.

Lebih jauh Bob menjelaskan, untuk pendidikan minimal SLTA dan memiliki kemampuan berbahasa Inggris, kata Bob, adapun output yang diharapkan yakni dapat terpilihnya peserta PPAN untuk mewakili provinsi kepulauan Bangka Belitung ke tingkat nasional, kata Bob.

" semoga kabupaten/kota dapat mengusulkan perwakilan pemuda di daerahnya masing-masing untuk mengikuti seleksi PPAN, maupun seleksi kegiataan kepemudaan yang ada sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan", harap Bob.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA