Pemuda Harus Berani Manfaatkan Peluang, Kadiskepora Suharto Bilang Berkebun Ubi Kasesa Solusinya

Bangka- Semangat Kepala dinas kepemudaan dan olahraga Suharto tak pernah surut memikirkan nasib para generasi muda Bangka Belitung, terbukti, meskipun di hari libur kerja bersama ketua pemuda Simpul Babel Ujang Supriyanto mengunjungi Pabrik Pengolahan Tepung Tapioka.

Seperti diketahui saat ini harga komoditas pertanian seperti sawit, karet dan lada belum menunjukkan harga yang menggembirakan bagi petani, tak hanya itu, persaingan di dalam lapangan kerja semakin meningkat apalagi untuk menjadi seorang pegawai negeri sipil kini bukan suatu hal yang mudah.

" Pemuda jangan lengah terhadap peluang, jangan Selalu mengharapkan peluang kerja dari pemerintah, tapi coba cari peluang, tanah Babel yang subur bisa di garap seperti bertani ubi casesa dan berkebun adalah solusinya", ujar kadiskepora Suharto, saat mengunjungi Pabrik tapioka, di PT Bangka Asindo Agri (BAA) Kelurahan Kenanga Kabupaten Bangka sabtu (12/01/2019).

Usai melihat dan berbincang dengan pemilik pabrik Tapioka, kadiskepora Suharto merasa yakin bahwa dengan bercocok tanam ubi kasesa dapat menjadi solusi dalam membangkitkan perekonomian masyarakat Bangka Belitung dan ini dapat dijadikan peluang bagi generasi muda.

"Saya merasa puas setelah melihat langsung pabrik pengolahan tapioka, dan ini akan kita sampaikan kepada generasi muda Babel seperti apa keuntungan pengembangan ubi casesa, jika ingin berkebun maka harus dikelola dengan baik sehingga insyaallah akan menghasilkan yang baik juga" jelas kadiskepora Suharto.

Ditambahkan kadiskepora Suharto, pengolahan ubi kasesa selain untuk bahan utama tepung tapioka ternyata bisa dijadikan makanan bagi hewan ternak dan dapat dijadikan sumber bio gas, tak hanya itu, limbah hasil pengolahan ubi casesa dapat juga dijadikan sebagai pupuk untuk tanaman lada yang diolah menjadi konsentrat, jelasnya.

" Pengolahan ubi casesa banyak turunannya dan pengolahannya pun mudah seperti dapat dijadikan produk makanan bagi para UMKM" ungkap Kadiskepora Suharto.

Sumber: 
Diskepora Babel
Penulis: 
Adits
Bidang Informasi: 
DISKEPORA